KLIK IKLAN DEMI KEPENTINGAN BERSAMA
Powered by Blogger.

Kunci Jawaban Biologi Esis Kelas X Bab 1


Kunci Jawaban Kelas X
Bab 1
A.    Pilihan Ganda
  1.  b                        11.  a                         21.  c
  2.  c                        12.  e                         22.  c
  3.  c                        13.  d                         23.  d
  4.  a                        14.  b                         24.  d
  5.  b                        15.  c                         25.  b
  6.  c                        16.  b
  7.  b                        17.  a
  8.  e                        18.  d
  9.  a                        19.  d
  10.c                         20.  b

B.    Lengkapilah pernyataan di bawah ini.
1.  -    Bios
     -    Kehidupan
     -    Logos
     -    Ilmu
2.  a.  Pengelompokan organisme berdasarkan persamaan dan perbedaan.
     b.  Sitologi mengkaji kehidupan pada tingkat sel.
     c.  Zoologi mempelajari hewan.
     d.  Embriologi mengkaji perkembangan embrio.
     e.  Mikrobiologi mengkaji mikroorganisme.
3.  Kardiologi, virologi, mikologi, neurologi, dan mikrobiologi.
4.  Molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma.
5.  -    Metode ilmiah.
     -    Menemukan masalah, mengajukan hipotesis, melakukan percobaan, dan menarik kesimpulan.
 
C.    Jawablah pertanyaan berikut dengan jelas.
1.  Virologi, anthologi (zoologi), fisiologi.
2.  Taksonomi, anatomi, fisiologi.
3.  Contoh pemanfaatan biologi dalam bidang pertanian:
·         Penggunaan bibit unggul dan metode pemupukan yang sesuai dengan jenis tanaman untuk meningkatkan produksi pertanian.
·         Rekayasa genetika untuk menciptakan tanaman budidaya yang mampu menghasilkan insektisida sendiri.
·         Teknik kultur jaringan untuk budidaya tanaman dalam waktu singkat dan jumlah banyak.
·         Penggunaan ilmu genetika untuk menciptakan buah-buahan tanpa biji.
Contoh pemanfaatan biologi dalam bidang industri:
·         Pemanfaatan mikroorganisme dalam industri makanan, misalnya pembuatan kecap, tempe, yoghurt, dan nata de coco.
·         Pemanfaatan mikroorganisme dalam industri obat-obatan, misalnya pembuatan antibiotik.
4.  Bencana alam yang terjadi seperti banjir bandang di Bahorok atau banjir yang pernah melanda Jakarta disebabkan karena manusia tidak dapat menjaga kelestarian lingkungan sebagai tempat hidupnya,sehingga keseimbangan ekosistem terganggu.  Pada kasus banjir bandang di Bahorok, banyak pohon di hutan yang ditebang sehingga berkurangnya penahan alliran air hujan.  Sedangkan banjir yang melanda Jakarta disebabkan karena semakin berkurangnya lahan yang ditanami pepohonan dan berkurangnya DAS (Daerah Aliran Sungai) karena penggunaan untuk daerah pemukiman, maupun terhambatnya aliran sungai karena tertumpuknya sampah. 
5. Metode ilmiah adalah cara atau tahapan tertentu yang harus dikerjakan oleh seorang ilmuwan dalam melakukan suatu penelitian.  Metode ilmiah terdiri dari tahapan berikut:
·         Menemukan masalah. Penelitian dimulai dengan mengajukan pertanyaan, yang dijawab dengan melakukan percobaan.
·         Mengajukan hipotesis.  Hipotesis adalah jawaban sementara terhadap rumusan masalah.
·         Melakukan percobaan.  Sebelumnya harus dilakukan percobaan, meliputi menentukan alat dan bahan, serta menentukan variabel.
·         Menarik kesimpulan.  Kesimpulan berisi hasil percobaan yang dilakukan, dapat mendukung atau tidak mendukung hipotesis yang kita buat.
6.  Menentukan alat dan bahan serta menentukan variabel. Tujuannya untuk menentukan keterba-tasan sumber, misalnya keterbatasan alat, bahan, dan biaya yang tersedia dalam percobaan. Keterbatasan tersebut akan mempengaruhi percobaan yang akan dilakukan.
7.  Kelompok perlakuan adalah kelompok objek yang diberi perlakuan sesuai dengan percobaan sedangkan kelompok kontrol adalah kelompok yang tidak diberi perlakuan.
8.  Banyak sekali, di antaranya:
·         Apabila makan, jangan sambil berbicara, nanti tersedak.
·         Komposisi makanan kita setiap hari harus mengandung empat sehat lima sempurna.
·         Kita harus mandi, menggosok gigi, dan mencuci tangan supaya tidak ada kuman atau mikro-organisme yang dapat mengganggu kesehatan kita.
9.  Sikap ilmiah diperlukan agar masalah atau fenomena yang ada dapat dipecahkan dengan objektif, jelas dan akurat, berdasarkan fakta yang ada.
10.Berasal dari informasi yang relevan dari buku-buku atau artikel ilmiah.  Informasi dari buku-buku atau artikel ilmiah tersebut merupakan bahan pendukung dan pembanding hasil penelitian.
II. Kinerja Ilmiah
1.  Tanaman memerlukan frekuensi penyiraman yang cukup untuk kelangsungan hidupnya.  Kematian disebabkan dari lingkungan (faktor eksternal).
2. Dapat dilakukan penelitian dengan menggunakan dua kelompok sampel, yaitu kelompok ayam buras (kampung) dan kelompok ayam ras (pedaging) kedua kelompok ayam tersebut diukur berat badan awalnya, lalu masing-masing kelompok diberi pakan ayam merk A pung  dengan jumlah dan frekuensi pemberian yang sama. Setiap selang waktu tertentu, ayam-ayam tersebut di ukur berat badanny. Setelah data kenaikan berat badan yang diperlukan mencukupi, data tersebut dapat di diolah menjadi grafik sehingga terlihat perbandingan kenaikan berat badan antar kelompok perlakuan. Dari grafik dapat ditarik kesimpulan, apakah pakan ayam merk A pung memang dapat meningkatkan berat badan ayam buras secepat ayam ras.
     Hal yang penting untuk diperhatikan dalam merancang penelitian tersebut adalah:
     -    Usia dan kondisi kesehatan setiap ayam yang digunakan untuk sampel kurang lebih sama
     -    Kondisi lingkungan kedua kelompok perlakukan selama penelitian harus sama
3.  a.  Data dapat disajikan dalam bentuk tabel dan kemudian dijadikan garfik
                                   
Minggu ke-
Panjang tubuh
Ikan daerah I
Ikan daerah II
Ikan A
Ikan B
Ikan C
Ikan D
1
2
3
4
5
7,2
8,1
9
5
7,6
8
8,6
5
7,6
9
9,8
5
8
9,2
10,3
          Ket:
          Ikan daerah I deberi makanan x
          Ikan daerah II diberi makanan y
       
     b.  Kesimpulannya ikan yang diberi makanan Y mengalami penambahan panjang tubuh yang lebih besar dibandingkan ikan yang diberi makanan X.





Kunci Jawaban Biologi Esis Kelas X Bab 1 Kunci Jawaban Biologi Esis Kelas X Bab 1 Kunci Jawaban Biologi Esis Kelas X Bab 1 Kunci Jawaban Biologi Esis Kelas X Bab 1 Kunci Jawaban Biologi Esis Kelas X Bab 1 Kunci Jawaban Biologi Esis Kelas X Bab 1 Kunci Jawaban Biologi Esis Kelas X Bab 1 Kunci Jawaban Biologi Esis Kelas X Bab 1 Kunci Jawaban Biologi Esis Kelas X Bab 1 Kunci Jawaban Biologi Esis Kelas X Bab 1 Kunci Jawaban Biologi Esis Kelas X Bab 1 Kunci Jawaban Biologi Esis Kelas X Bab 1 Kunci Jawaban Biologi Esis Kelas X Bab 1 Kunci Jawaban Biologi Esis Kelas X Bab 1Kunci Jawaban Biologi Esis Kelas X Bab 1 Kunci Jawaban Biologi Esis Kelas X Bab 1 Kunci Jawaban Biologi Esis Kelas X Bab 1 Kunci Jawaban Biologi Esis Kelas X Bab 1 Kunci Jawaban Biologi Esis Kelas X Bab 1 Kunci Jawaban Biologi Esis Kelas X Bab 1 Kunci Jawaban Biologi Esis Kelas X Bab 1 Kunci Jawaban Biologi Esis Kelas X Bab 1 Kunci Jawaban Biologi Esis Kelas X Bab 1 Kunci Jawaban Biologi Esis Kelas X Bab 1 Kunci Jawaban Biologi Esis Kelas X Bab 1 Kunci Jawaban Biologi Esis Kelas X Bab 1 Kunci Jawaban Biologi Esis Kelas X Bab 1 Kunci Jawaban Biologi Esis Kelas X Bab 1 Kunci Jawaban Biologi Esis Kelas X Bab 1 Kunci Jawaban Biologi Esis Kelas X Bab 1

1 komentar:

Info Berkomentar :
- Tambahkan Komentar yang sesuai dengan isi posting...
- Mohon anda jangan menggunakan kata SPAM.
- Jika anda tidak mempunyai akun sama sekali, anda bisa menggunakan Anonymous