KLIK IKLAN DEMI KEPENTINGAN BERSAMA
Powered by Blogger.

Fungsi dan Konfigurasi pada BIOS PC




Berikut cara masuk ke menu BIOS pada PC/Laptop :
            Pertama pastikan Monitor, Keyboard dan perangkat lainnya telah terhubung ke CPU dan pastikan Kabel Power telah tertancap ke port Power di CPU. Setelah itu mulai dengan menekan tombol power pada PC dan Monitor. PC akan segera melakukan proses booting. Pada saat tampilan monitor seperti pada gambar di bawah.


Maka diharuskan dengan cepat menekan tombol F10 pada keyboard untuk memasuki menu pada BIOS. Setelah itu BIOS akan terbuka .

Adapun fungsi dan konfigurari yang terdapat pda BIOS yaitu:

  1. Pada menu awal BIOS akan terlihat seperti pada gambar di atas. Terdapat Sub-Pilihan untuk pengaturan dasar seperti System Time, System Date, Language, Floppy Diskette, Drive-Drive


    - System Time berfungsi untuk mengatur waktu pada PC
    - System Date berfungsi untuk mengatur Tanggal pada PC
    - Language untuk pengaturan Bahasa pada PC
    - Floppy Diskette untuk membaca device Diskette yang terpasang pada PC, namun dalam kasus ini Terdapat keterangan [Not Installed] yang berarti bahwa Diskette tidak terpasang.

                  Adapun drive-drive atau perangkat penting yang terpasang CPU akan terbaca di BIOS, Namun dalam kasus ini seperti pada gambar di atas pada bagian drive hanya terdapat CD-ROM pada CPU yaitu [Optiarc DVD RW AD-72] .
             Pada BIOS juga dapat membaca Total Memory/RAM dan Type RAM apa yang digunakan PC tersebut. Pada gambar tersebut dapat dilihat RAM apa yang tepasang dislot 1 dan slot 2 dengan melihat Memory Bank 1 dan Memory Bank 2, namun dalam kasus ini hanya terpasang Memory pada slot 2 dengan keterangan 2040 MB DDR3 SDRAM dan pada slot 1 Not Installed yang berarti memory tidak terpasang pada slot tersebut.
  2. Pada menu Advance


    Menu Advanced ini tedapat informasi mengenai tipe dan kecepatan Prosessor yang dapat dilihat pada CPU Type dan CPU Speed.
    Dalam menu ini perlu diperhatikan bahwa terdapat tulisan peringatan yang terlihat pada gambar di atas yang tertulis. “Setting items on this menu to incorrect values may cause your system to malfunction.” Yang berarti bahwa kesalahan dalam pengaturan pada item dalam menu ini dapat menyebakan kegagalan pada sistem komputer. Maka dari perlu di ketahui fungsi pada setiap item pada menu ini yang terdapat.
    - Primary Video Adapter berfungsi mengatur VGA apa yang akan digunakan CPU, dalam kasus ini PC menggunakan VGA Card Eksternal PCI-E x16
    - SATA Controller terdapat dua pilihan enabled dan disabled, jika meilih disable maka akan mengnonaktifkan SATA tanpa secara fisik, sebaliknya jika memilih enabled.
    - USB Ports terdapat dua pilihan yaitu enable dan disable,jika memilih disable maka USB yang terpasang di PC tidak akan terbaca sebaliknya jika dipilih enabled maka USB yang terpasang di PC bias terbaca.
    - Onboard LAN berfungsi untuk mengaktifkan dan mengnonaktifkan jika terpasang Kabel LAN ke PC
    - Onboard LAN Boot ROM pilihan ini digunakan untuk memutuskan apakah akan memanggil ROM boot dari onboard LAN chip
    - Change Supervisor Password berfungsi mengatur password user PC
    - Onboard Audio berfungsi untuk mengaktifkan Audio pada PC jika menggunakan Perangkat Speaker.
  3. Pada Menu Power terdapat beberapa bagian yaitu,
    - After AC Power Failure


    - XD (Excutable Disable)


    - Virtualization Technology


    - S5 Maximum Power Savings


    - WOL in S5


  4. Menu Boot
             Pada menu boot ini guna untuk menentukan atau memprioritaskan Perangkat apa yang pertama kali di kerjakan ketika proses booting.


  5.           Seperti yang dilihat pada gambar di atas pada boot device yang pertama itu berarti menandakan bahwa yang pertama kali untuk melakukan proses booting yaitu hardware CD-ROM. Biasanya pengaturan ini digunakan untuk mengintall ulang pc melalui CD maupun USB.







0 komentar:

Post a Comment

Info Berkomentar :
- Tambahkan Komentar yang sesuai dengan isi posting...
- Mohon anda jangan menggunakan kata SPAM.
- Jika anda tidak mempunyai akun sama sekali, anda bisa menggunakan Anonymous